Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepemimpinan itu Penting Banget lho, Ini Alasannya

Halo Vyonna lovers, kali ini mimin mau bahas sesuatu yang agak beda ya dari tema biasanya. Soalnya, Vyonna baru baca tentang tema yang sangat menarik, yakni… teng teng teng… kepemimpinan!

Jangan salah, leadership alias kepemimpinan adalah sesuatu yang sangat amat krusial dalam kehidupan kita lho. Nih mimin kasih tahu, tim redaksi Vyonna saja sering mengalami masalah gara-gara leadership yang buruk.

Makanya, di artikel ini, mimim mau cerita sedikit tentang pentingnya leadership dan kaitannya dengan kreativitas. Tapi sebelumnya, kita bahas dulu tentang definisi kepemimpinan ya.

Apa sih Leadership itu?

Secara ringkas, kepemimpinan adalah suatu skill atau keterampilan yang dibutuhkan untuk memimpin. Contoh sifat-sifat yang mendukung leadership yang baik antara lain:

  1. Sikap tanggung jawab
  2. Sikap bijak
  3. Netralitas
  4. Visioner
  5. Objektif
  6. Strategis
  7. Berpikiran jangka panjang
  8. Inovatif
  9. Berwawasan

Ambil contoh sifat visioner. Orang yang visioner adalah orang yang punya pandangan tentang target-target di masa depan. Karakter visioner sangat diperlukan sebab dalam suatu organisasi, kemajuan hanya bisa diraih bila pemimpinnya memiliki sikap visioner yang bagus.

Begitu juga sikap bijak. Seorang pemimpin harus tahu apa yang mesti dilakukan ketika menghadapi berbagai keadaan. Ia harus bisa melihat dari berbagai sisi sehingga bisa mengambil sikap yang tepat.

Kenapa Kepemimpinan Sangat Diperlukan?

Dalam semua sendi kehidupan kita, karakter kepemimpinan memang wajib dimiliki. Seorang ketua LSM perlu memiliki skill leadership yang baik. Begitu pula dengan seorang presiden maupun seorang ketua partai.

Bahkan dalam unit keluarga, seorang suami biasanya dituntut menjadi pemimpin. Di sisi lain, perempuan pun tetap memerlukan karakter ini untuk mendidik anak-anak mereka dan mengingatkan suami bila melakukan kesalahan.

Bagaimana dengan badan-badan yang berorientasi profit? Tentu skill leadership juga wajib dimiliki. Tanpa skill kepemimpinan yang baik, bisa-bisa sebuah perusahaan hancur. 

Jangan salah. Tak sedikit lho kejadian di lapangan di mana sebuah PT atau CV bangkrut karena pemimpinnya tak mampu memimpin. Kadang ada yang tak punya visi, salah strategi, tidak bijak, sampai mudah dibohongi bawahannya.

Kepemimpinan dan Kreativitas

Kreativitas sering disinonimkan dengan istilah berpikir out of the box. Dan suka tak suka, ternyata kreativitas juga merupakan hal vital yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin lho.

Tanpa kreativitas, seorang pemimpin akan mudah dikalahkan oleh rivalnya. Bila ia memimpin startup, ia akan dengan cepat dilibas kompetitor yang pemikirannya kreatif. Begitu pula bila ia seorang rektor universitas. Kemajuan kampus akan stagnan sebab sang rektor tak memiliki pemikiran yang out of the box.

Belajar Kepemimpinan dari Arsjad Rasjid

Gimana nih Vyonna lovers?! Sepakat kan bahwa kepemimpinan memang penting? Kepemimpinan juga perlu didukung dengan sikap yang kreatif, bijak, hingga objektif.

Nah, untuk belajar lebih banyak tentang leadership, Vyonna sarankan belajar dari Bapak Arsjad Rasjid. 

Vyonna suka sekali mendengarkan seminar sampai tulisan-tulisan beliau tentang pentingnya kepemimpinan. Bapak ini sempat berpesan tentang beberapa nilai pribadi yang diperlukan agar sebuah organisasi bisa berkembang. Misalnya saja nilai-nilai jujur, optimis, integritas, hingga kemampuan menghadapi tantangan dan empati yang tinggi.

Dengan nilai-nilai tersebut, sebuah organisasi atau perusahaan akan berkembang dengan baik. Anggota yang dipimpin pun juga akan merasa senang, nyaman, dan disiplin dengan seorang leader yang kepribadiannya unggul.

Jadi gimana nih guys? Kalau mau jadi pemimpin yang baik, memang banyak yang harus dipelajari. Namun setelahnya, kita pasti akan memetik buah dari kerja keras tersebut!

Posting Komentar untuk "Kepemimpinan itu Penting Banget lho, Ini Alasannya"