Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Fakta Jirayut: Bapak Ibu Cerai dan Sering Dibully Saat Kecil

Sering dikira beragama budha? Bapaknya tukang bangunan? Disamakan dengan alm. Olga Syahputra? Yuk, simak artikel Vyonna tentang 11 fakta Jirayut si pedangdut asal Thailand!

Fakta Jirayut

Siapa nih penggemar lulusan Dangdut Academy Asia asal Thailand, Jirayut? Pria bernama asli Afisan Jehderamae ini belakangan makin menanjak lho karirnya. Ia rutin diundang di berbagai vlog dan acara TV. 

Vyonna aja udah nonton hampir semua vlog dan podcastnya. Vyonna nonton saat ia diundang Denny Sumargo, Melanie Subandono, sampai di acara Trans TV yang dibawakan Vincent dan Desta. 

Menurut mimin, penyanyi dangdut asal Narathiwat ini punya pesona tersendiri. Ia selalu bisa mengundang gelak tawa para penonton. Candaannya renyah tapi tidak menyinggung orang sama sekali. Makanya mimin fans berat si baby boy imut tersebut.

11 Fakta Jirayut yang Bikin Terkejut

1. Sering Dikira Punya Agama Budha

Mentang-mentang dari Thailand, penyanyi bersuara merdu ini sering sekali disebut beragama Budha. Padahal ia adalah seorang muslim lho. Ya, teman-teman tidak salah baca, agama Jirayut adalah Islam. Ia menganut agama tersebut sejak lahir sebagaimana keluarganya yang lain. Etnis penyanyi satu ini pun bukan Thai. Ia merupakan seorang Melayu Thailand yang memang banyak ditemukan di wilayah perbatasan dengan Malaysia.

2. Bapak Tukang Bangunan, Ibu TKT di Malaysia

Latar belakang Afisan Jehderamae sebenarnya jauh dari kata privilege. Ia lahir di provinsi Narathiwat yang sering mengalami gejolak konflik. Wilayahnya diterpa isu separatisme karena perbedaan agama dengan mayoritas orang Thai. 

Dari segi keluarga, ia lahir dari ibu bapak yang kurang mampu. Ayahnya seorang tukang bangunan sementara ibunya seorang TKT alias tenaga kerja Thailand di Malaysia. Ketika berusia 10 tahun, ayah dan ibunya bercerai sehingga ia harus hidup bersama sang nenek dengan uang pas-pasan.

3. Suka Voli dan Didukung Guru-guru Hebat

Memang tak bisa ditampik fakta Jirayut sebagai anak dari keluarga miskin. Namun demikian, kesuksesannya tak lepas dari segudang bakat yang ia miliki. Ia pernah diandalkan sebagai pemain voli sampai juara menyanyi mewakili provinsinya. Ia pun mempunyai guru-guru yang sangat mendukungnya.

Kedua hal tersebut jelas berkontribusi banyak pada kesuksesan penyanyi luk thung (dangdut versi Thailand) satu ini.  Apalagi ia pun merupakan sosok yang pemberani, mau mengambil resiko, dan suka bekerja keras.

4. Bisa Bahasa Melayu Kedah

Jirayut menguasai total 3 bahasa. Ia bisa berbahasa Thai, melayu kedah, dan bahasa Indonesia. Saat pertama kali datang ke Indonesia, kemampuan B. Indonya memang sangat minim. Ia bahkan harus ditemani penerjemah saat itu.

Namun sekarang, ia sudah fasih berbahasa Indonesia tanpa aksen sedikitpun. Hal ini tentu tidak lepas dari kemampuannya berbahasa melayu kedah yang notabene merupakan bahasa ibunya.

5. Sering Dibully saat Kecil

Saat kecil, artis berusia 22 tahun per 2023 ini sangat sering dibully. Ia kerap diejek hingga dipukul oleh teman laki-lakinya. Tak heran, ia kemudian menjadi benci dengan laki-laki. Hampir semua temannya pun berjenis kelamin perempuan.

Namun, ia mengaku bahwa ia sedang berusaha menyembuhkan luka hatinya itu. Pelan-pelan ia mau lagi berteman dengan para pria.

6. Disamakan dengan Olga dan Al

fakta tentang jirayut mirip al ghazali

Weits, tahu tidak sih kalau penyanyi berwajah imut ini sering disamakan dengan Olga? Malah ada juga fakta Jirayut yang bikin penasaran karena ia dikatakan mirip dengan Al Ghazali.

Kemiripannya dengan Olga disebut-sebut sebab keduanya memiliki pembawaan mirip. Mereka sama-sama centil dan heboh. Namun menurut mimin sih, lulusan DAA ini lebih halus ya daripada alm. Olga yang lebih jejingkrakan. 

Di sisi lain, seperti yang Vyonna bilang, ada yang menyamakan sang artis dangdut dengan Al Gazhali. Gimana nih, teman-teman setuju tidak?

7. Kaget dengan Iklim Dunia Entertainment

Di masa-masa awal berkiprah dengan dunia entertainment, Jirayut sempat mengalami culture shock. Ia kaget ternyata harus berurusan dengan orang bermuka dua. Ia pun sempat sedih karena dianggap semestinya berada di Indonesia, sebab ia orang Thailand.

Ia bahkan pernah curhat dengan ibunya. Namun karena ia tak mau ibunya harus bekerja keras lagi di Malaysia, ia pun memantapkan hatinya menjadi pencari nafkah utama sebagai pembawa acara sekaligus penyanyi.

8. Mengidolakan Ruben Onsu, Mae Soimah, dan Irfan Hakim

Untungnya, meski sempat bertemu dengan beberapa orang jahat, Jirayut dipertemukan dengan orang-orang baik. Ia merasa mendapatkan sambutan dan dukungan hangat dari artis-artis seperti Ruben Onsu, Soimah, serta Irfan Hakim.

Merekalah yang kemudian menginspirasi penyanyi Luk Thung ini. Mereka sering menyemangatinya agar keluar dari zona nyamannya. Wuih, bikin terharu banget, ya?

9. Dijuluki Baby Boy dan Anak Baik

Berikutnya, fakta Jirayut yang satu ini pasti bukan hal asing di telinga penonton setia Indosiar. Yak, Afisan sering mendapatkan julukan baby boy dan anak baik. Penyebabnya? Tentu karena mukanya yang memang sangat imut.

Tingkah lakunya pun baik. Alhasil tak sedikit penggemarnya, terutama dari kalangan ibu-ibu yang memberinya nama panggilan “anak baik.”

10. Punya Suara Emas yang Menawan

Tak bisa dipungkiri bahwa sosok satu ini memang memiliki suara emas yang sangat menawan. Ia memang kalah di Dangdut Academy Asia 4 tahun 2020, namun setelah itu ia terus mengasah bakatnya.

Saat ini, kemampuan menyanyinya sudah semakin berkembang. Cengkoknya pun mendayu-dayu yang membuatnya banjir pujian banyak kalangan.

11. Info IG, Umur, dan Channel Youtube-nya

Berikut ini biodata lengkap Jirayut:

  • IG: @ jirayutdaa4official
  • FB Fanspage Vyonna: 
  • Nama asli: Afisan Jehderamae
  • Agama: Islam
  • Bahasa yang dikuasai: Melayu Kedah, Thai, Bahasa Indonesia
  • Tanggal lahir: 24 Februari 2001
  • TikTok: @jirayut_daa
  • Youtube: @JirayutOfficialChannel
  • Orangtua: Sman Jehderamae dan Amalina Hayati
  • Kerabat : Arfan Jehderamae, Amilia Jehderamae, dan Anisa Jehderamae
  • Umur: 22 tahun
  • Hobi: voli 
  • Suku: melayu kedah
  • Asal: Thailand

Nah, kira-kira itulah 11 fakta Jirayut si penyanyi dangdut sekaligus luk thung ini. Gimana pendapat teman-teman Vyonna sekalian?

Posting Komentar untuk "11 Fakta Jirayut: Bapak Ibu Cerai dan Sering Dibully Saat Kecil"