Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Nama Depan yang Sama, Apa Bedanya Daud Kim dan Dawood Savage?

Teman-teman yang hobi nonton youtube dan konten-konten islami di media sosial harusnya kenal dua nama ini, Daud Kim dan Dawood Savage (DS). Keduanya merupakan pembuat konten kreatif yang khusus mengangkat tema islami. 

Dan uniknya, dua-duanya punya nama yang mirip dengan (ehem) muka yang bisa dibilang cute. Hihihi.  Nah, kali ini Vyonna akan membahas kedua kreator konten ini. 

Daud Kim dan Dawood Savage

Siapa Daud Kim dan Dawood Savage?

DS atau Dawoodsavage (atau penulisannya kadang dipisah) adalah konten kreator dari Afganistan. Dia sering membuat video yang berisi adegan-adegan yang memberikan pelajaran ringan mengenai islam. 

Sejujurnya, menurut mimin Vyonna, kontennya lebih tepat untuk anak-anak. Sebab, dalam karya-karyanya, DS menggunakan penceritaan yang bisa dibilang bertipe dongeng.

Contoh nih, kisah seorang muslim yang digoda setan. Di video yang durasinya pendek itu, Dawood akan berperan secara bergantian menjadi muslim taat dan setan. Lalu mereka saling berdialog yang pada akhirnya dimenangkan muslim taat. 

Kontennya ringan tapi juga menghibur. Pokoknya kalau Bunda dan Ayah butuh alternative hiburan islami buat anak, konten DS ini oke kok dijadikan rujukan. Apalagi selain konten video, dia juga kadang membuat lagu islami.

Nah, kalau Daud Kim sendiri adalah seorang youtuber dari Korea Selatan. Buat penonton setia DK, pasti tau dong perjalanannya hingga akhirnya menjadi muslim. 

Baca juga: Aspek Budaya Korea ini Sebabkan Tingkat Bunuh Diri Tinggi

Mulanya, Kim menggunakan nama Jay Kim. Dia sering membuat video ala orang Korea kebanyakan, misalnya soal “Koreans react to…” atau membuat musik covernya sendiri.

Tapi, saat mulai membahas mengenai muslim, penontonnya yang banyak berasal dari negara-negara mayoritas islam terus mendukungnya. Daud pun akhirnya memberanikan diri belajar islam lebih lanjut secara otodidak dan berguru pada seorang imam Korea. Akhirnya, ia pun menjadi muslim

Seperti Apa Konten Mereka?

Konten Dawood Savage sih sudah disebut di atas ya. Intinya, dia suka membuat konten berupa cerita pendek dan musik yang ringan dan menghibur. Sementara Daud membuat konten yang bisa dibilang sangat “youtuber.”

Dia sering cerita soal budaya Korea vs agama islam, sulitnya menjadi muslim di Korea, hingga pengalamannya menjalankan ibadah di negeri gingseng tersebut. Sesekali ia jua menyanyi. Ia pun sempat membuat cover lagu Aisyah yang dipopulerkan oleh Nisya Syaban.

Baca juga: Perseteruan Daud Kim dan Rasheed Oh

Yang Kontroversial tentang Keduanya?

Keduanya merupakan konten kreator yang sangat populer. Daud Kim memiliki 3 jutaan subscriber sementara DS memiliki 500 ribu subscriber (namun yang terakhir ini lebih aktif di media sosial).

Kepopuleran keduanya tak lepas dari beberapa masalah yang kemudian mengikutinya. DK pernah terjerat kasus pelecehan seksual, sementara Dawood Savage pernah dituduh merendahkan wanita.

Kasus yang menjerat DK sempat sangat viral beberapa waktu yang lalu. Di situ, Daud sampai membuat 3 video klarifikasi dan permintaan maaf. Beberapa akun mencoba melakukan “cancel” Daud sebagai bentuk hukuman sosial. 

Namun saat ini masalah itu sudah diselesaikan dengan Daud yang minta maaf pada korban. Sekarang ia juga sudah aktif kembali membuat konten seperti sedia kala. Vyonna pernah mengulas ini di artikel Kronologi Kasus Pelecehan Daud Kim.

Adapun yang dialami DS terjadi beberapa tahun yang lalu. Saat itu, ia membuat parodi sebuah lagu. Namun liriknya dianggap mendukung poligami dengan gaya slengean dan menempatkan perempuan sebagai tukang cuci dan tukang masak saja. 

Kasus ini pun sudah menguap sekarang. Dan DS kembali membuat konten ringan yang menghibur seperti sedia kala.

Perbedaan Daud Kim dan Dawoodsavage

Dua-duanya sama-sama mengangkat tema islami, cute, disukai banyak orang, dan aktif hingga sekarang. Terus, apa nih yang membedakan keduanya. Well, sebenarnya ada beberapa poin yang membuat kedua youtuber ini berbeda.

  1. Pertama, Daud Kim adalah seorang mualaf, sedangkan Dawood Savage tidak (sejak lahir dia muslim). 
  2. Kedua, kebangsaan. DK merupakan youtuber Korea, sementara DS adalah seorang youtuber dari Afganistan.
  3. Tipe konten. Tipe konten DK sangatlah “youtube” dengan beberapa tema reaksi atas sesuatu. Sementara DS umumnya membuat konten berupa cerita pendek.

Kurleb itulah yang membuat seorang Daud Kim dan seorang Dawood Savage tak bisa disamakan. Intinya, dua-duanya sama-sama unik. Nah, pembaca Vyonna sendiri suka nonton siapa nih?

Posting Komentar untuk "Punya Nama Depan yang Sama, Apa Bedanya Daud Kim dan Dawood Savage?"