Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Perseteruan Daud Kim dan Rasheed Oh yang Berujung Tragis

Seolah belum cukup dengan berita dirinya keluar islam, Jeongwon alias Rasheed membuat video tanggapan kepada youtuber “D” yang isinya sangat negatif. Yak, sepertinya memang ada masalah antara Rasheed Oh dan Daud Kim. Apa masalah itu, dan sebetulnya bagaimana sih hubungan kedua youtuber ini? Yuk, simak informasinya di Vyonna.com.

Kronologi Kasus Daud Kim dan Rasheed Oh

Seperti Apa Sebenarnya Hubungan Daud dan Rasheed?

Kedua youtuber ini dulunya memiliki relasi sebagai “artis” dan “subscriber.” Rasheed alias Jeongwon merupakan salah satu subscriber Daud alias Jay Kim. 

Jeongwon merasa tertarik masuk islam setelah menonton video seniornya itu meski sebelumnya ia memang sudah tertarik dengan islam. Ia menghubungi Daud dan menyatakan ketertarikannya untuk menjadi muslim.

Daud pun membuatkan sebuah konten khusus mengenai subscriber-nya itu. Di salah satu kontennya, ia mengunggah video dengan judul ‘My Subscriber Become a Muslim.” 

Di situ digambarkan bagaimana Jeongwon menjadi seorang mualaf setelah mengucapkan syahadat yang dipandu oleh seorang imam. Namanya pun diubah dari nama aslinya Jeongwon menjadi Rasheed.

Beberapa Kali Membuat Konten Berdua

Setelah muncul di channel Daud, channel Rasheed berkembang lumayan pesat. Banyak penonton Daud yang juga menjadi penonton dan subscribernya.

Beberapa kali, keduanya juga membuat konten bersama. Misalnya, konten ketika mengikuti semacam bazaar atau festival produk halal, sampai ketika berbuka puasa bersama.  Pokoknya, saat itu tak ada yang menyangka bahwa akan ada masalah antara Daud Kim dan Rasheed Oh.

Apalagi, popularitas keduanya sama-sama berkembang. Meski, Daud lebih unggul dalam hal popularitas dengan 2 juta subscriber sedangkan Jeongwon hanya mendapatkan 180 hingga 200 ribu subscriber di “masa emasnya.” Namun yah, itu bisa dipahami. 

Sebab, sebelum menjadi muslim pun, channel Jay Kim sudah lebih dulu banyak fansnya. Ia sudah membuat video cukup lama dengan berbagai cover lagu dan video reaksi.

Bagaimana Awal Mula Kasus dan Masalah Daud Kim dan Rasheed Oh?

Hubungan yang baik di antara kedua youtuber ini ternyata tidak sekuat yang dibayangkan orang. Semuanya terkuak ketika Daud Kim mendapatkan masalah. 

Kasus yang dihadapi youtuber mualaf Korea itu memang bukan masalah sepele. Ia menjadi tertuduh kasus pelecehan seksual yang dialami seorang turis *. Selain itu, beredar rumor bahwa ia hanya menggunakan islam untuk mendapatkan uang saja.

Daud tidak menyangkal tuduhannya. Hanya saja, ia berusaha menyembunyikan fakta itu. Ia tidak berterus terang soal kasus tersebut dan menghapus postingan permintaan maaf. 

Padahal, syarat supaya ia dimaafkan oleh korbannya adalah ia meminta maaf di depan publik. Silahkan baca postingan Vyonna yang lain tentang ‘Kasus Pelecehan Seksual oleh Youtuber Korea Mualaf, Daud Kim’.

Intinya, saat itu karir dan sosok Daud Kim benar-benar sedang terpuruk. Banyak orang yang mengatainya. Subscribernya juga berkurang drastis. Di twitter muncul hastag yang cukup ramai soal #canceljaykim

Nah, di saat pelik seperti itu, banyak orang menunggu tanggapan Rasheed. Rasheed pun akhirnya membuat tanggapan yang ditunggu. Sayangnya, tanggapannya jauh dari ucapan simpatik (ini menjadi salah satu pemicu masalah Daud Kim dan Rasheed Oh ke depannya).

Rasheed hanya mengatakan bahwa ia tidak seperti Daud. Ia tidak fake dan tidak memanfaatkan islam. Ia pun menjelaskan bahwa ia tidak begitu dekat dengan Daud sehingga hanya bisa membantu ala kadarnya dengan mengirimi pesan. 

Banyak fans Daud yang kecewa dengan tanggapan Rasheed. Namun, saat itu posisi Rasheed masih baik-baik saja. Ia masih membuat berbagai konten segar. Sementara Daud Kim memutuskan untuk sementara waktu tutup akun.

Siapa yang Salah di antara Daud Kim dan Rasheed Oh?

Setelah diterpa masalah besar, secara mengejutkan Daud bisa mengembalikan popularitasnya! Ia menyatakan bahwa ia bertaubat dari kesalahannya, namun menyangkal tuduhan bahwa ia memanfaatkan islam.

Pernyataannya itu masih mengundang sinisme di sana-sini. Namun ia tetap semangat membuat konten. Kehadiran Mia, mantan istrinya, yang ia pinang lagi membuat dirinya semakin dipercaya. 

Sampai hari ini, ia berhasil mengembalikan kepercayaan orang-orang bahwa ia tidak munafik. Apalagi Mia yang muncul di vlognya terlihat sangat tegas dan tidak “drama queen.” Banyak orang yang menjadi suka kembali dengan Daud gara-gara ada sosok Mia. Mia bahkan menjadi mualaf lho untuk menikahi Daud.

Rasheed Cemburu dengan Daud?

Popularitas Daud yang menanjak tidak dialami Rashed. Video di channel Daud bisa mendapatkan ratusan ribu klik hingga jutaan setelah sehari dua hari diunggah. Sementara channel Rasheed hanya mendapatkan 1 hingga 2 ribu klik saja.

Banyak fans Daud yang kemudian membandingkan hal ini. Mereka pun masih kesal karena dulu Rasheed tak membantu Daud.

Komentar-komentar buruk itu membuat Rasheed jengah hingga suatu waktu ia memutuskan untuk keluar islam. Ya, youtuber muslim Korea bernama Rasheed Oh itu memutuskan keluar islam!

Masalah Daud Kim dan Rasheed Oh yang Tiba-tiba Menyeruak

Mulanya, tak ada yang paham kenapa Rasheed memutuskan keluar islam. Hanya ada spekulasi-spekulasi saja. Vyonna pun sempat membuat dugaan alasan yang membuat youtuber satu ini mengambil keputusan besar itu.

Namun makin ke sini, semuanya jadi semakin jelas. Sepertinya memang ada masalah antara Rasheed (yang sekarang kembali menggunakan nama aslinya, Jeongwon) dan Daud serta fans Daud.

Di videonya, ia membuat konten yang sangat sarkastik pada youtuber “D”. Daud sendiri sebelumnya membuat video yang isinya menasehati Jeongwoon. Namun di video “My Message to Youtuber D” terlihat bahwa Rasheed tidak terima dengan kejahatan Daud.

Rasheed kecewa karena muslim dengan mudah memaafkan seniornya itu yang melakukan pelecehan seksual. Ia juga masih menyebut si “D” memanfaatkan islam demi mendapatkan uang.

Alasan-alasan itu dianggap menggelikan di kalangan netizen. Mereka bingung sebab korban Daud saja tidak memperpanjang kasus itu. Banyak di antara mereka yang kemudian menyimpulkan bahwa masalah antara Daud Kim dan Rasheed Oh itu sumbernya kecemburuan hati Jeongwon.

Apakah akar masalah ini memang soal kecemburuan? Jeongwon sebenarnya bukan satu-satunya yang tidak suka pada mudahnya netizen memaafkan Daud. Yongsworld (youtuber mualaf yang lain) pun melakukan hal yang sama. Dan ini ada kaitannya dengan kultur Korea Selatan yang memang sulit memaafkan. 

Biar lebih jelas, silahkan simak artikel Vyonna soal budaya Korea yang sulit memanfaafkan. 

Posting Komentar untuk "Begini Perseteruan Daud Kim dan Rasheed Oh yang Berujung Tragis"