Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Youtuber Muslim Korea Ini Akhirnya Keluar Islam, Kenapa ya?

Rasheed Oh youtuber muslim Korea mengumumkan bahwa dia keluar dari islam! Loh kenapa ya? Bukannya dulu dia rajin banget bikin konten tentang dirinya sebagai mualaf?

rasheed oh keluar islam

Halo Vyonna holics?! Apa kabar nih? Baik-baik aja kan?

Sayangnya, di dunia peryoutuban, ada beberapa kabar yang kurang sedap didengar. Yak, buat kalian yang suka nonton konten bikinan youtuber Korea yang baru masuk islam, saat ini sedang beredar kabar kalau Rasheed Oh youtuber muslim Korea keluar islam!

Kabar tentang youtuber muslim korea yang murtad ini memang belum santer terdengar di Indonesia. Namun, para fansnya serta fans Daud Kim pasti sudah ramai membicarakan ini.

Kronologi Kasus Rasheed Oh yang Keluar dari Islam

Dari pantauan Vyonna, saat ini channel konten kreator asal Korea tersebut hanya menyisakan 3 video saja (sekarang sudah kembali seperti sedia kala). Padahal, sebelum kasus ini menyeruak, Rasheed memiliki puluhan bahkan ratusan konten. 

Ketiga video yang tersisa pun merupakan video pengunduran dirinya dari dunia kreatif konten dan agama islam.

1. Video Pertama: Did I Leave Islam?

Video pertama, diunggah tanggal 17 November 2020. Pada video tersebut, youtuber berkacamata ini menumpahkan uneg-unegnya soal kehidupannya sebagai vlogger mualaf dari Korea. Ia curhat tentang beratnya menjadi muslim baru di negeri gingseng tersebut. 

Ia mengeluh karena menerima banyak komentar buruk dan tekanan untuk melakukan segalanya dengan benar. Ia kecewa karena beberapa orang islam tidak sebaik bayangannya. Namun, ia menegaskan bahwa ia tetap muslim, meski bukan muslim yang baik.

2. Video Kedua: I’m Quitting Youtube

Di video kedua, youtuber muslim Korea ini menyatakan dirinya berhenti menjadi vlogger. Videonya hanya berisi slide hitam tulisan tanpa dirinya. Rasheed Oh mengatakan bahwa pengunduran itu bukan karena “hate comment” melainkan karena ada masalah pribadi. Belum ada indikasi bahwa ia akan murtad di video kedua ini.

Edit: video ini sudah ditarik. 

3. Video Ketiga: Daud Kim Thank You for Video, But I Left Islam

Video ketiga ini adalah video terakhir yang ia update sejak kasus tentang dirinya keluar islam menyeruak. Video ini juga merupakan tanggapan atas video Daud Kim yang mengomentari dirinya. 

Ia mengukuhkan bahwa ia telah keluar dari islam. Namun ia tidak akan membenci islam sebagai agama yang buruk.

Apa Alasan Youtuber Muslim Korea ini Murtad?

Hmm, sebenarnya sampai saat ini tidak ada yang tahu pasti apa alasan Rasheed Oh murtad (keluar islam, maaf ya kalau istilahnya kasar). Namun dari pernyataannya sendiri serta komentar di vlognya dan vlog Daud Kim, sepertinya masalahnya terletak pada 3 hal.

Pertama, ekspektasinya yang terlalu tinggi. Jadi gini gaes, youtuber satu ini mengatakan sendiri bahwa ia mengira semua muslim itu orang yang baik. Ia mengira seorang muslim tidak akan pernah berkata-kata kasar atau mencurigainya dengan tuduhan yang tidak-tidak.

Namun, kenyataannya ia mendapati bahwa tidak semua muslim itu baik. Dalam perjalanannya menjadi youtuber, beberapa kali ia mendapatkan “hate comment” atau komentar bermuatan kebencian. 

Ada netizen muslim yang mencurigainya menggunakan islam untuk mendapatkan uang dari Youtube, dan ada yang mencelanya karena dianggap tidak supportif pada Daud Kim (saat sedang viral kasus pelecehan dan kepalsuan beragama).

Kedua, ia membuat konten yang memang mengundang kritik. Jadi, Rasheed ini punya 3 saluran. Salah satunya yang teramat problematis adalah channel-nya yang berjudul “Arab Baby Oh.” Di situ, dia membuat video reaksi tentang tiktoker dari negara Arab, termasuk yang seksi-seksi.

Nah, ironisnya, ketika melihat video tiktok cewek seksi, dia suka bilang, “Masyaallah”. Ujung-ujungnya, banyak penggemarnya mencoba menegurnya. Tapi sepertinya dia tak suka ditegur.

Adapun masalah ketiga berkaitan dengan Daud Kim dan fansnya...

Rasheed Oh Keluar Islam karena Daud Kim?

FYI, Rasheed Oh yang sekarang menyatakan dirinya keluar islam ini, dulunya adalah subscriber Daud Kim. Ia pernah menghubungi “seniornya” tersebut dan menyatakan bahwa dirinya ingin menjadi mualaf juga. 

Daud kemudian menuntun subscribernya itu untuk bertemu iman dan menjadi seorang muslim. Mereka berdua juga beberapa kali membuat konten bersama. 

Masalah muncul ketika Daud yang juga belum lama mualaf itu tersandung kasus pelecehan seksual. Saat itu, banyak yang meminta Rasheed untuk membantunya. Namun ia merespon bahwa ia tidak bisa membantu banyak. 

Baca juga: Wow Istri Daud Kim Jadi Mualaf

Ia mengatakan bahwa itu adalah masalah Daud sendiri dan bahwa mereka tidak terlalu akrab. Ia pun menegaskan bahwa dirinya tidak palsu seperti Daud yang mencari uang dengan memanfaatkan islam.

Beberapa orang mendukung sikapnya tersebut. Namun beberapa yang lain mulai mengkritisinya. Mereka menganggap yang dilakukannya tidak benar. 

Bukankah seorang muslim harusnya menjaga aib saudaranya?

Ketidaksukaan Rasheed pada Daud pun terbentuk. Dan ini bisa dilihat ketika ia membuat video “Did I Leave Islam?” Ia mengatakan bahwa di Korea menjadi muslim itu all about business (soal uang). Ia juga mengatakan bahwa banyak youtuber sukses yang sekadar memanfaatkan islam.

Meski tidak langsung menyebut nama Daud Kim, namun pernyataan itu langsung mengingatkan orang pada kasus Daud terdahulu yang katanya cuma pura-pura muslim. Daud pun pada video responya, mengatakan bahwa saat ini “He is against me.” 

Baca: Perseteruan Daud Kim dan Youtuber Korea Rasheed Oh

Terus Kita Harus Gimana nih Menanggapi Berita Rasheed Oh si Youtuber Korea yang Keluar Islam?

Berita tentang youtuber muslim Korea yang menjadi eks muslim ini tentu menimbulkan pro kontra tersendiri. Sampai sekarang pun, banyak netizen yang masih mengecamnya sambil mengharapkannya kembali menjadi mualaf. Namun yang mendoakannya tak lebih banyak.

Apabila Vyonna boleh memberikan saran, sebaiknya kita sikapi ini dengan kepala dingin dulu. Tidak perlu menghujat Rasheed Oh dengan ucapan “Dasar murtad!” atau terlampau kecewa.

Baca juga: Sama-sama Ganteng, ini Beda Dawood Savage dan Daud Kim

Vyonna masih ingat sekali bahwa Rasheed pernah membuat konten vlog dirinya yang ke psikolog. Ya, youtuber satu ini memang pernah mengalami depresi dan gangguan mental. 

Jadi, daripada meninggalkan komenta buruk, mari doakan yang baik-baik saja ke dirinya apapun keputusan yang akhirnya ia ambil (apakah ia akan meneruskan menjadi mualaf atau murtad (keluar islam)).

Posting Komentar untuk "Youtuber Muslim Korea Ini Akhirnya Keluar Islam, Kenapa ya?"