Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Kenalan Sama Channel Asian Boss yang Suka Bikin Konten Menarik Ini

Halo Vyonna holic sekalian?! Apakah kalian sudah pernah nonton channel Youtube Asian Boss? Kalau sudah, yuk kita bahas sama-sama. 

Terus kalau belum? Mari baca dulu siapa itu “AB” dan kenapa tidak ada salahnya buat menonton mereka.

asian boss adalah
Tim Asian Boss Indonesia pernah mewawancarai cosplayer terkenal, Lola Zieta

Apa itu Asian Boss?

Asian Boss adalah saluran atau channel Youtube yang lumayan populer di berbagai negara Asia. Konten mereka biasanya berupa street interview (wawancara jalanan) dengan tema isu-isu sosial dan hiburan yang sedang trending

Misalnya soal anggota BTS yang harus ikut wajib militer, pendapat orang Jepang tentang industri biru mereka, hingga isu yang lebih serius seperti kemiskinan di India.

Kadang, mereka tidak melakukan wawancara jalanan, melainkan wawancara terhadap satu orang atau satu pihak tertentu. Contohnya saja di video tentang serangan asam di mana tim AB melakukan wawancara khusus ke para korbannya di India.

Wuih, Temanya Berat ya?

Ah, tidak juga kok. Karena “hanya” berupa wawancara jalanan atau wawancara dengan pihak khusus saja, video mereka secara umum mudah dicerna. Anda tak perlu harus berkernyit karena materi-materi sosio politik yang rumit. Nonton video Asian Boss sambil nyemil santai pun bisa dilakukan.

Tapi Pakai Bahasa Inggris?

No no. AB hanya menggunakan Bahasa Inggris di pembukaan dan bagian akhir videonya. Namun saat melakukan wawancara, mereka menggunakan bahasa tiap negara. 

Jadi, misalnya, wawancaranya di Korea, ya pakai Bahasa Korea. Begitu pula kalau wawancaranya di Indonesia, pasti bahasanya pun Bahasa Indonesia. Vyonna holics tak perlu khawatir kalau tak bisa bahasa Inggris.

Baca juga: Kronologi Kasus Pelecehan Seksual Daud Kim

Apakah Mereka itu Jurnalis?

Mereka sih menyebut diri sebagai perusahaan media aka “media company.” Akan tetapi, jangan mengharapkan konten mereka sekelas Kompas, Tempo, Vice, dan channel jurnalistik lainnya. 

Konten mereka terlalu ringan untuk disandingkan dengan media sekelas Vice. Mereka juga tidak membuat dokumentasi atau penyelidikan mendalam dengan bukti-bukti. 

Tapi apa ini suatu kekurangan? Ah, tidak juga kok Vyonners! Kan mereka memang channel Youtube yang mengangkat isu sosial yang ringan. 

Baca juga: Kasus Rasisme yang Dialami Youtuber Papua ini Bikin Emosi

Dari Manakah Tim Asian Boss?

AB merupakan saluran Youtuber lintas negara. Namun kantor pusat dan tim intinya adalah orang-orang Korea yang bermarkas di Korea Selatan.

Siapa Pendirinya?

Pendiri channel ini adalah Stephen Park dan Kei Ibaraki. Stephen Park dulunya adalah seorang pengacara. Sementara Kei Ibaraki dulunya adalah seorang arsitek. Menurut laman Asianboss.io, keduanya meninggalkan pekerjaan mereka untuk berdedikasi sepenuhnya pada channel ini.

Di Negara Mana Saja ada Asian Boss? 

Sampai sekarang AB sudah melakukan wawancara di berbagai negara mulai dari Korea, Jepang, China, Filipina, Thailand, Singapura, India, Pakistan, dan tentu saja Indonesia. Namun akhir-akhir ini tim AB yang paling aktif adalah Korea, Jepang, China, Filipina, dan Indonesia. 

Baca juga: Duh, Youtuber Korea ini Akhirnya Murtad Lagi

Dan khusus untuk Indonesia, tim yang paling aktif adalah Ramzy. Meski akhir-akhir ini, dia mulai jarang nongol.

Siapa Saja Krunya?

Banyak. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Stephen Park
  2. Kei Ibaraki
  3. Marie dari Filipina
  4. Hazel dari Filipina
  5. Ramzy dari Indonesia
  6. Hiroko dari Jepang
  7. Sheetal dari India
  8. Dan lainnya

Apa Saja yang Dibahas Asian Boss?

  1. Stereotip suatu negara. Di sini, tim AB biasanya mengangkat tema soal tingkat kesopanan orang Jepang, apakah orang India semuanya pintar matematika, apakah orang Indonesia anti LGBT, dan lain sejenisnya.
  2. Sesuatu yang sedang trending. Misalnya tentang covid-19 menurut ahli dari Korea. 
  3. Isu sosial politik yang menarik. Contohnya pendapat orang Indonesia tentang hijab, pendapat orang Korea tentang muslim, sampai pendapat orang India mengenai Apu yang dianggap rasis.
  4. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun secara garis besar, hal-hal seperti itu yang diangkat oleh tim AB.

Apa saja Kekurangan Asian Boss?

Menurut mimin, salah satu kekurangan channel ini adalah sifatnya yang kadang terlalu bermain stereotip. Misalnya, tim AB mengira orang Indonesia itu fanatik sekali dalam beragama. Sehingga, topik apapun tentang Indonesia selalu dikaitkan dengan agama.

Baca juga: Pilih Mana? Daud Kim atau Dawood Savage?

Contoh, topik beauty standard yang dikaitkan dengan agama Islam di Indonesia. Sementara itu, topik di negara lain jarang dikaitkan dengan agama. 

Tema tentang pacaran sama serangga di Jepang, tema tentang hamil muda di Filipina, dan tema tentang keamanan wanita di India, tak pernah dikaitkan dengan agama. Nah kalau sudah masuk  Indonesia… hmmm, pasti deh dikait-kaitin sama Islam. Hihihi. 

Topik Indonesia Apa yang Sudah Diangkat?

Ada banyak video tentang Indonesia yang sudah diangkat channel ini. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Pendapat orang Indonesia tentang standar kecantikan
  2. Pendapat orang Indonesia tentang poligami
  3. Pendapat orang Indonesia tentang LGBT
  4. Pendapat orang Indonesia tentang demonstrasi 2019
  5. Pendapat orang Indonesia tentang pernikahan pernikahan di bawah umur

Terus kalau wawancaranya, ada wawancara dengan:

  1. Lola Zieta
  2. Ian Hugen
  3. Penari ondel-ondel
  4. Penderita HIV positif 
  5. Muslim Indonesia di Korea

Well, kalau Vyonna-holic perlu tontonan yang seru, tak ada salahnya kok nonton Asian Boss. Apalagi selain tema Indonesia, ada banyak tema tentang negara lain yang tak kalah menarik. Salah satunya tentang fenomena konsumsi pagpag di negara tetangga kita, Filipina.

Posting Komentar untuk "Yuk Kenalan Sama Channel Asian Boss yang Suka Bikin Konten Menarik Ini"